Wednesday, February 10, 2010

Dewa - Dewi Yunani Dan Romawi

Mitologi Romawi

Mitologi Romawi banyak dipengaruhi oleh mitologi Yunani. Bangsa Romawi menamakan dewa dewi mereka berdasarkan tempat-tempat yang istimewa. Dewa lautan dalam mitologi Romawi bernama Neptunus, putra dari Saturnus, dan bersaudara dengan Jupiter (raja para dewa) dan Pluto (dewa kematian). Neptunus sering disamakan dengan dewa lautan dari Yunani, Poseidon.

Mitologi Yunani

Di dalam mitologi Yunani diceritakan bahwa pada masa lalu manusia memiliki dewa lautan yang bernama Poseidon. Poseidon adalah putra dari Titans Cronus, penguasa jagat raya di masa Golden Age dan Rhea. Poseidon bersaudara dengan Zeus (dewa langit dan pemimpin dewa-dewa Olympian), Hades (dewa kematian), Demeter (dewi bumi), Hestia (dewi perapian), dan Hera (dewi pernikahan).

Kisah tentang Poseidon termasuk yang paling banyak diceritakan dalam mitologi dan legenda kuno. Ketika Laomedon, Raja Troya berbuat curang terhadap Poseidon dan Apollo (dewa matahari) setelah mereka membantu membangun tembok kota, Poseidon membalas dendam dengan mengirimkan monster laut yang sangat mengerikan untuk menghancurkan negeri tersebut. Dan ketika berlangsung Perang Troya, Poseidon membantu pasukan Yunani.

Dalam seni, Poseidon digambarkan sebagai laki-laki berjenggot yang agung, menggenggam trident (tongkat yang salah satu ujungnya berlekuk tiga dengan panah di setiap lekukannya) dan seringkali didampingi oleh seekor lumba-lumba.




Jupiter

Dalam mitologi Romawi, Jupiter atau Jove adalah raja para dewa, dan dewa langit dan petir. Dalam mitologi Yunani dia dikenal sebagai Zeus. Ia dipanggil Iuppiter (atau Diespiter) Optimus Maximus ( "Dewa Terbaik dan Terbesar"). Sebagai dewa pelindung Romawi kuno, ia memerintah hukum dan tatanan sosial. Dia adalah dewa pemimpin dalam Triad Kapitoline bersama istrinya Juno. Jupiter juga adalah ayah dari dewa Mars dari hubungannya dengan Juno. Oleh karena itu, Jupiter adalah kakek dari Romulus and Remus, pendiri kota Roma. Jupiter dihormati di agama Romawi kuno, dan masih dihormati di Neopaganisme Romawi. Ia adalah putra dari Saturnus, saudaranya adalah Neptunus dan Pluto. Dia juga merupakan suami dari Ceres, saudara dari Veritas, dan ayah dari Merkurius.
Dalam mitologi Romawi, Jupiter atau Yupiter adalah raja dewa, dan dewa dari langit dan petir. Dia adalah sama dengan Zeus dalam bahasa Yunani panteon. Dia bernama Iuppiter (atau Diespiter) Optimus Maximus sebagai dewa pelindung dari negara Roma, ia memerintah atas hukum dan ketertiban sosial. Dia adalah kepala dari tuhan Capitoline triad, dengan Juno dan Minerva. Latin mitologi Jupiter adalah ayah dewa Mars. Karena itu, Jupiter adalah kakek dari Romulus and Remus, yang legendaris pendiri Roma. Jupiter telah dimuliakan di Roma kuno agama dan masih dalam muktabar Religio Romana Neopaganism. Dia adalah putra Saturn.
Iuppiter berasal dalam bentuk senyawa yang berasal dari bahasa Latin kuno Iovis dan ayah (Latin untuk ayah), juga digunakan sebagai kasus nominatif. Yupiter adalah kurang umum Inggris formasi berdasarkan Iov-, stem of mencong kasus bahasa Latin nama. Selain itu, studi linguistik mengidentifikasi namanya sebagai deriving dari Indo-Eropa * dyēus senyawa-pəter- , the Indo-Eropa dewa yang juga berasal dari Jerman yang Tiwaz * (dari nama yang tiba kata Selasa), Yunani Zeus, dan Vedic setara Dyaus pita.

Nama dewa ini juga diadopsi sebagai nama dari planet Jupiter, dan yang asli senama Latin bentuk hari dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Kamis tetapi awalnya bernama Iovis Dies Latin, sehingga menimbulkan jeudi di Perancis, jueves di Spanyol, joi di Rumania, giovedì di Italia dan di dijous Katalan.

Jupiter diberikan berbagai nama :
- Jupiter Amon (Jupiter itu disamakan dengan Mesir dewa Amun setelah penaklukan Romawi di Mesir)
- Jupiter Caelestis ( "surgawi")
- Jupiter Fulgurator ( "dari petir")
- Jupiter Laterius
- Jupiter Lucetius ( "yang terang")
- Jupiter Pluvius ( "pengirim hujan") Lihat juga Pluvius
- Jupiter Stator (dari tatapan yang berarti "berdiri")
- Jupiter terminus atau Jupiter Terminalus (defends batas). (Lihat juga terminus)
- Jupiter Tonans ( "thunderer")
- Jupiter Victor (Roma dipimpin tentara untuk kemenangan)
- Jupiter Summanus (pengirim dari petir yg terjadi pd malam hari)
- Jupiter Feretrius ( "yang jauh dengan membawa rampasan perang")
- Jupiter Optimus Maximus (terbaik dan besar)
- Jupiter Brixianus (Jupiter disamakan dengan Tuhan lokal dari kota Cisalpine orang Perancis di Brescia (Italia modern Utara))
- Jupiter Ladicus (Jupiter disamakan dengan Celtiberian gunung-dewa dan disembah sebagai roh Gunung Ladicus)
- Jupiter Parthinus atau Partinus (Jupiter adalah menyembah di bawah nama ini pada batas-batas utara dan timur Dalmatia Upper Moesia, mungkin dikaitkan dengan suku setempat dikenal sebagai Partheni)
- Jupiter Poeninus (Jupiter telah menyembah di Alps di bawah nama ini, sekitar Great St Bernard Pass, di mana dia mempunyai tempat suci)
- Jupiter Solutorius (lokal versi Jupiter disembah di Spanyol, ia syncretised dengan lokal Iberian tuhan Eacus)
- Jupiter Taranis (Jupiter disamakan dengan Celtic tuhan Taranis)
- Jupiter Uxellinus (Jupiter sebagai tuhan yang tinggi gunung)
- Jupiter Indiges (Jupiter "negara" - satu gelaran yang diberikan kepada Aeneas setelah kematiannya, menurut Livy)

Kuil terbesar di Roma adalah bahwa dari Jupiter Optimus Maximus di Bukit Capitoline. Di sini dia disembah di samping Juno dan Minerva, membentuk Capitoline triad. Jupiter juga disembah di Bukit Capitoline dalam bentuk batu, yang dikenal sebagai Lapis Iuppiter atau Jupiter Stone, yang telah bersumpah atas sumpah sebagai batu. Candi ke Juppiter Optimus Maximus atau Capitoline triad secara keseluruhan yang biasanya dibangun oleh Roma di pusat kota baru di koloni mereka.

Bangunan telah dimulai oleh Tarquinius Priscus dan selesai pada akhir raja Roma, Tarquinius Superbus, meskipun telah diresmikan, oleh sebuah tradisi yang direkam oleh sejarahwan, pada 13 September, pada awal era Republican, 509BCE.

Bangunan candi yang berdiri di podium tinggi dengan tangga masuk ke bagian depan. Pada tiga dari pihak yang mungkin dikelilingi oleh deretan pilar, dengan dua pilar barisan disusun sesuai dengan orang-orang pada façade yang mendalam pronaos yang precedes tiga cellae, berkisar berdampingan di Etruscan cara, salah satu pusat yang lebih luas dibandingkan dengan dua lainnya.

Yang masih hidup dari yayasan dan dari podium, sebagian besar berada di bawah Caffarelli Palazzo, yang terdiri dari banyak bagian Walling paralel dibuat di blok abu-abu-quadriga batu tufa (cappellaccio) dan bersaksi kepada belaka ukuran permukaan daerah bait dari dasar (sekitar 55 x 60 m).

Pada atap adalah tanah liat auriga, [klarifikasi diperlukan] yang dibuat oleh Etruscan artis Vulca dari Veii di 6. Century BCE, bintara oleh Tarquinius Superbus; ia digantikan di 296BCE, dengan satu perunggu. Kultus yang gambar, oleh Vulca, berasal dari tanah liat; dengan wajah yang dilukis merah pada festival hari (Ovid, kronik, 1.201f). Bawah Cella merupakan favissae, atau petikan underground, yang telah lama disimpan patung yang jatuh dari atap, dan berbagai hadiah bersifat peringatan.

Candi ini dibangun dalam marmer setelah kebakaran telah bekerja total kerusakan di 83BCE, ketika pemujaan gambar telah hilang, dan disimpan dalam Buku Sibylline batu dada. Diikuti dalam kebakaran 69CE, ketika Capitol telah stormed oleh pendukung dari Vitellius dan 80CE.

Di depan langkah-langkah yang telah mezbah of Jupiter (ara Iovis). Persegi yang besar di depan candi (Areal Capitolina) menampilkan sejumlah candi kecil yang didedikasikan untuk divinities, di samping bangunan keagamaan lainnya, patung dan piala.

Kebobrokan yang dimulai pada abad kelima ketika Stilicho dibawa keluar dari pintu berlapis emas, dan Narses dihapus banyak patung di 571CE.

Ketika Hadrian membangun Aelia Capitolina di situs Yerusalem, sebuah candi untuk Jupiter Capitolinus dibangun di tempat yang hancur Bait di Yerusalem.

Juppiter Tonans ( "gemuruh Yupiter") adalah aspek (numen) dari Jupiter muktabar di Kuil Juppiter Tonans yang bernazar di 26BCE oleh Augustus dan berdedikasi di 22 di Bukit Capitoline; Kaisar yang telah sempit escape sedang terkena petir selama kampanye di Cantabria. Sebuah candi tua di Kampus martius telah lama didedikasikan untuk Juppiter Fulgens. Kultus gambar aslinya terpasang di pekuburan oleh pendiri telah oleh Leochares, yang Yunani pengukir dari Abad ke-4 SM. Patung yang di Prado (ilustrasi) dianggap sebagai sebuah akhir abad pertama penggantian commissioed oleh Domitian. The Baroque-era pemulihan dari senjata yang memberikan Jupiter baton tongkat kerajaan seperti dikemukakan di tangan.
Ia percaya sekali bahwa Tuhan Roma Jupiter (Zeus di Yunani) telah berkuasa dari kosmik Kehakiman, dan di Roma kuno, orang bersumpah untuk Yupiter [kutipan diperlukan] mereka di pengadilan hukum, yang mengakibatkan ekspresi umum "Oleh buset! ", masih digunakan sebagai kolot hari ini. Selain itu, "periang" adalah kata sifat yang umum masih digunakan untuk menjelaskan orang-orang yang gembira, optimis, dan ringan dalam perangai

ceres

ama Ceres mungkin berasal dari hipotesis Proto-Indo-Eropa yang menyebutkan asal kata Ceres dari dua buah kalimat yaitu "Ker" yang berarti tumbuhan dan juga merupakan akar kata dari "create (menciptakan)" dan "increase (meningkatkan)".

Ceres adalah putri Saturn dan Ops, istri-saudara perempuan Jupiter, ibu dari Proserpina oleh Jupiter dan saudara perempuan dari Juno, Vesta, Neptune dan Pluto. Secara konvensional Ceres digambarkan dengan seorang perempuan yang membawa tongkat, sekeranjang bunga dan buah-buahan, dan sebuah karangan bunga terbuat dari daun jagung (perhatikan bahwa jagung dalam hal ini bisa digambarkan pada gandum, barley, atau yang lain biji-bijian pangan dunia jaman dulu).



Ceres juga diceritakan pelindung dari Enna dan Sisilia. Menurut legenda, ia memohon kepada Jupiter untuk menempatkan Sisilia ke langit. Hasilnya, karena pulau ini berbentuk segitiga, maka jadilah sebagai penggambaran konstelasi triangulum, nama awal dari pulau Sicilia.

Ceres membuat sebuah trinitas dengan Liber dan Libera, yang juga termasuk dua dewa pertanian lainnya. Dia juga memiliki dua belas dewa-dewa kecil yang membantu dia, dan bertanggung jawab atas aspek-aspek khusus pertanian. Diantaranya adalah Vervactor yang mengubah tanah kosong untuk menjadi lahan pertanian, Bera Reparator yang mempersiapkan lahan, Imporcitor yang sebagai pembajak tanah sebelum ditanami (namanya berasal dari bahasa Latin yang disebut juga imporcare), Insitor ditugaskan untuk menabur benih, Obarator yang membajak permukaan tanah setelah ditanami, Occator yang ditugaskan untuk menjaga benih yang sudah ditanam, Sarritor yang ditugasi untuk menyiangi tanaman, Subruncinator yang ditugaskan untuk menjaga tanaman dari tanaman liar, Messor yang ditugaskan untuk memanen, Conuector yang ditugaskan untuk membawa hasil pertanian, Conditor yang ditugaskan untuk menyimpan hasil pertanian, dan Promitor yang ditugaskan untuk mendistribusikannya"

Neptune


Neptunus (Neptune) adalah dewa air dan laut dalam mitologi Romawi kuno, saudara dari dewa Jupiter dan Pluto. Biarpun sama2 dewa air dan laut namun dia identik dengan dewa Poseidon dari mitologi Yunani. Konsepsi Romawi terhadap Neptunus berasal dari nama dewa Etruscan Nethuns.

Selama beberapa waktu ia dipasangkan dengan Salacia, dewi air asin. Pada awal tahun 899 SM, jika ada sebuah kemenangan dalam perang laut para orang romawi masih menyembah dan berterima kasih kepada dewa Portunes atau yang disebut juga Fortunus. Namun dengan cepat julukan dewa laut jatuh ketangan Neptunus saat seorang pahlawan perang angkatan laut Romawi bernama Pompeius Sextus mengangkat dirinya menjadi "son of Neptune" setelah Pompeius memperoleh kemenangan.

Raja Neptunus memainkan peran sentral dalam tradisi lama Romawi, Ada sebuah legenda ketika kapal-kapal menyeberangi garis equator, maka para "Pollywogs" atau yang disebut juga pelaut pada masa kini sebelum dan sesudah melewati garis tersebut maka si pelaut tersebut akan menghadapi subpoenas atau panggilan dari pengadilan. Digambarkan disana, Raja Neptunus akan muncul bersama para asistennya yaitu Davy Jones dan yang mulia Amphitrite. Legenda tersebut masih sering terlihat pada upacara2-upacara tertentu, yang sering disebut pula kegiatan perpeloncoan para pelaut sebelum pelaut tersebut mendapat julukan "Shellbacks" atau "son of Neptune".

Mercury


Mercury atau dalam bahasa Latin disebut Mercurius adalah dewa pembawa pesan dan dewa perdagangan. Anak dari Maia Maiestas, yang dikenal sebagai Ops atau Rhea dan dewa Jupiter. Namanya berhubungan dengan kata Latin merx (merchandise). Mercury mempunyai keterkaitan erat dengan dewa Etruscan Turms, namun karakteristik dan mitologinya sangat mirip dengan analogi dewa Yunani yaitu Hermes.

Pada tahun 495 SM kuil Merkurius dibangun didaerah Circus Maximus yang terletak diantara bukit Aventine dan bukit Palatine. Ini adalah sebagai bukti bahwa tempat tersebut sangat cocok untuk menyembah dewa perdagangan (trade) dan perjalanan (travel), karena ditempat itu adalah pusat utama dari perdagangan serta pacuan kuda. Sejak itu berdiri dua buah kota besar di antara dua bukit tersebut the plebeian stronghold di Aventine dan the patrician cente di Palatine, itu juga menekankan peran dewa Merkurius sebagai mediator.



Sejak awal, Merkurius memiliki aspek-aspek dasar sama seperti Hermes, mengenakan sepatu bersayap yang bernama talaria dan mengenakan sayap bernama petasos, dan membawa lambang kedokteran. Ia sering ditemani oleh ayam jantan sebagai pembawa berita hari yang baru, seekor domba atau kambing yang melambangkan kesuburan, dan kura-kura yang merujuk pada legenda kecapi milik Hermes yang terbuat dari cangkang kura-kura. Di daerah Celtic, Mercury digambarkan sebagai dewa yang memiliki tiga kepala dan tiga wajah, dan di Tongeren daerah negara Belgia ditemukan patung Mercury dengan tiga buah phalli, dengan dua tambahan yang menonjol dari kepalanya yang digunakan untuk mengganti hidungnya hal ini mungkin karena angka 3 dianggap magis, membuat patung-patung seperti memiliki makna keberuntungan dan kesuburan.

Mars

Mars adalah Romawi dewa perang, putra Juno dan Jupiter, suami dari Bellona. Dia adalah dewa paling menonjol di dunia kemiliteran, dewa yang disembah oleh para legiun Romawi. Bahkan menganggap Mars sebagai dewa terpenting kedua di Romawi setelah dewa Yupiter (dewa utama).



Awalnya Mars adalah dewa Romawi kesuburan dan vegetasi dan pelindung ternak, ladang dan pelindung batas-batas pertanian dan juga pelindung petani. Mars kemudian terkait dengan pertempuran setelah meningkatnya dan melambungnya nama Kekaisaran Romawi yang mulai berkembang, dan Mars pun diidentifikasikan dengan dewa perang Yunani bernama Ares. Perbedaannya dari Ares adalah Mars umumnya dihormati dan bahkan menyaingi nama dewa Jupiter sebagai dewa yang paling dihormati di Romawi. Mars juga yg mengawasi dan melindungi ibu kota Romawi dan dijuluki sebagai dewa kota Roma. Ketika ia dianggap sebagai ayah dari tokoh legendaris pendiri Roma bernama Romulus, dan mulai diyakini bahwa semua orang Roma adalah keturunan Mars.

Venus
Venus berarti "cinta" atau "hasrat seksual", adalah seorang dewi Romawi yang berhubungan dengan cinta, keindahan dan kesuburan. Memainkan peran kunci dalam banyak agama Romawi didalam festival dan mitos. Dari abad ketiga SM, meningkatnya Helenisasi kelas atas Romawi mengidentifikasikan bahwa Venus sebagai padanan dari dewi Yunani Aphrodite.



Dalam beberapa mitologi Latin kuno, Eros adalah anak dari Venus dan Mars. Venus juga sebagai pendamping Vulcan. Virgil, dalam pujiannya kepada pelindungnya Augustus dan gens Julia, membuat Venus sebagai pelindung dan nenek moyang dari orang-orang Romawi.


Dikota Ardea dan Lavinium daerah Latium didirikanlah kuil tertua untuk memuja dewi venus pada tanggal 15 Agustus 293 SM dan 18 Agustus diselenggarakanlah sebuah festival yang disebut Vinalia Rustica. Pada tanggal 25 April 215 SM, sebuah kuil didirikan untuk didedikasikan kepada dewi Venus di luar gerbang Colline di Bukit Capitoline, untuk memperingati kekalahan Romawi pada Pertempuran Danau Trasimene.



Dewa Romawi:
+ Mars-Ares- Dewa Perang Romawi
+ Pluto-Hades- Dewa Kegelapan dan kematian Romawi
+ Jupiter-Zeus Pemimpin dari Dewa/Dewi Romawi, Dewa dari langit, Dewa bumi dan tanah.
+ Saturnus- Ayah dari Jupiter, Dewa pertanian Romawi
+ Neptunus- Poseidon- Dewa air Romawi
+ Merkurius-Hermes- Roman god of Commerce
+ Phoebus-Apollo- Anak dari Zeus, Dewa kesenian, Dewa pengobatan.
+ Halirrothius- Anak dari Poseidon, dibunuh oleh Ares karena suatu Alasan.
+ Asclepius- Dewa menyembuhan (Healing) Romawi
+ Dionysus- Dewa dari Bir, sayur-sayuran Romawi
+ Eros- Anak dari Venus-Aphrodite
+ Vulcan-Hephaestus- Dewa api Romawi
+ Oceanus- Anak dari Uranus dan Gaia
+ Morpheus- Dewa mimpi Romawi God of Dreams
+ Juturna- Dewa Tidur Romawi
+ Pontus- Dewa dari laut bagian dalam Romawi
+ Aether- Dewa dari Cahaya (Light) Romawi
+ Sol- Dewa matahari
+ Hymen- Dewa dari Wedding Feast Romawi
+ Juventus- Dewa dari anak muda Romawi

Dewi Romawi:
+ Eros- Dewi cinta Romawi
+ Venus-Aphrodite- Dewi Cinta dan kecantikan Romawi
+ Ceres-Demeter- Dewi Tumbuhan Romawi
+ Minerva-Athena- Dewi Perang dan belajar Romawi
+ Vesta-Hestia- Dewi api Romawi
+ Artemis-Diana- Dewi dari Hutan dan pemburu Romawi
+ Cybele- Dewi dari Asia Minor Romawi
+ Juno-Hera- Istri dari Zeus, Ratu dari Dewa-dewi Romawi
+ Nemesis- Dewi pembalasan dendam Romawi Goddess of Revenge
+ Poena- Dewi hukum Romawi
+ Victoria- Dewi kemenenangan Romawi
+ Juturna- Dewi dari musim semi dan air Romawi
+ Flora- Dewi bunga Romawi
+ Hygea- Dewi kesehatan Romawi
+ Lucina- Dewi dari Childbirth Romawi
+ Selene- Dewi Bulan Romawi
+ Iris- Dewi Pelangi Romawi
+ Hebe- Dewi anak muda Romawi
+ Libitina- Dewi dari bawah tanah Romawi

- Zeus and Hera- Raja dan ratu dari Dewa/Dewi Romawi

- Vestal Virgin adalah Priestess dari Dewi-dewi Romawi

- Romulus and Remus Anak kembar dari Ares

- Lares dan Penates, adalah dewa/dewi yang melindungi keluarga Romawi.

- Janus was the Roman god of beginnings. (Nama bulan pertama, January, diambil dari namanya yang artinya pertama)

4 comments:

  1. mitOlogi yunaninya udah lenGkap and kalo bisa siH ditambahin tentanG kisah - kisah dari dewa - dewi Yunani itu seNdiri.makasih...

    ReplyDelete
  2. klo kisah tentang dewi justitia ad gk? dewi keadilan romawi.. kok d atas gk d sebutin..

    ReplyDelete
  3. ilmu yang sangat brmanfaat kawan, jadi tambah pengetahuan nih.. ^^

    ReplyDelete
  4. kakak saya izin mengutip cerita dewa Neptunus untuk pembuatan novel saya .. di dalam novel, tetap saya beri keterangan bahwa itu dari artikel ini .

    ReplyDelete